November 4, 2021 By escritor-leandro-campos-alves.com 0

Alat Bantu Dengar – Jenis Alat Pendengaran Untuk Gangguan Pendengaran dan Kelebihan dan Kekurangannya

Alat bantu dengar adalah alat bantu dengar yang dapat Anda gunakan untuk membantu memperkuat suara. Jika Anda mengalami gangguan pendengaran, Anda dapat menggunakan alat bantu dengar sehingga suara di lingkungan Anda akan diperkuat, memungkinkan Anda untuk mendengarnya pada tingkat yang dapat didengar. Hal ini dapat berguna baik dalam situasi bising dan tenang.

Ada beberapa model alat bantu dengar yang bisa Anda pilih. Setiap gaya memiliki pro dan kontra sendiri. Itu akan sangat tergantung pada preferensi Anda pada gaya mana yang ingin Anda gunakan.

1) Alat Bantu Dengar Behind-The-Ear (BTE)

Jenis alat bantu dengar ini adalah yang terbesar, namun juga yang paling kuat. Muncul dengan kasing plastik keras yang dikenakan di belakang telinga Anda, yang melekat pada earmold plastik yang ditempatkan di dalam telinga luar Anda. Semua komponen elektronik ditempatkan dalam wadah plastik di belakang telinga Anda.

Alat bantu dengar di belakang telinga cocok digunakan untuk semua tingkat gangguan pendengaran. Poin bagus lainnya adalah itu bisa tidak mencolok, karena tidak memberikan perasaan “tersumbat” di telinga Anda.

Namun jika Anda memakai kacamata, jenis ini bisa menyulitkan Anda, karena perangkat ini bisa mengganggu lengan kacamata Anda. Anda juga bisa mengalami kesulitan dalam menggunakan telepon karena penempatan mikrofon yang berada di belakang telinga Anda.

2) Alat Bantu Dengar In-The-Ear (ITE)

Jenis ini adalah yang terbesar dari gaya yang dibuat khusus, dan hanya digunakan untuk gangguan pendengaran ringan hingga sedang. Perangkat ini benar-benar pas di dalam telinga luar Anda; itulah mengapa ini dapat memberi Anda lebih banyak efek oklusi daripada jenis alat bantu dengar Behind-The-Ear.

Beberapa alat bantu dengar In-The-Ear mungkin dilengkapi dengan fitur tambahan yang terpasang; seperti telecoil, yaitu kumparan magnet yang dapat memudahkan Anda untuk berkomunikasi melalui telepon. Alat bantu dengar jenis ini biasanya tidak digunakan oleh anak kecil, karena seiring dengan pertumbuhan anak, cetakan telinga harus sering diganti.

3) Alat Bantu Dengar In-The-Canal (ITC)

Jenis alat bantu dengar In-The-Canal (ITC) disesuaikan agar sesuai dengan bentuk dan ukuran saluran telinga Anda. Biasanya digunakan untuk gangguan pendengaran ringan sampai sedang. Menggunakan telepon tidak akan menjadi masalah dengan tipe ini. Tapi Anda bisa mendapatkan efek oklusi atau perasaan ‘tersumbat’ yang bisa sangat tidak nyaman. Anda juga akan membutuhkan lebih banyak ketangkasan untuk mengontrol kenop perangkat.

4) Alat Bantu Dengar Sepenuhnya Di Kanal (CIC)

Ini adalah alat bantu dengar terkecil yang dibuat yang hampir tersembunyi di saluran telinga Anda. Alat bantu dengar CIC tidak memiliki kontrol manual, dan digunakan untuk gangguan pendengaran ringan hingga sedang. Ini sangat mahal, dan rentan terhadap kelembaban dan lilin. Hal baiknya adalah, mereka memiliki efek oklusi yang lebih sedikit daripada jenis lainnya dan penggunaan telepon sangat mudah. Karena ukurannya yang kecil, alat bantu dengar CIC memiliki lebih sedikit ruang untuk baterai, sehingga masa pakai baterainya lebih pendek daripada jenis lainnya.

Ada banyak jenis ganggguan pendengaran, termasuk cidera pada telinga. Nah, untuk mencegah cedera pada telinga, Anda perlu memahami cara membersihkan telinga bayi yang tepat dan aman. Mengalami gangguan pendengaran bukanlah akhir dari segalanya. Alat bantu dengar dapat digunakan untuk memudahkan komunikasi dan tetap dapat berinteraksi dengan sekitar. Banyak pusat alat bantu dengar yang jual alat bantu pendengaran. Seperti namanya, berbagai jenis alat bantu dengar berperan membantu penggunanya untuk mendengar dengan memperkuat bunyi di sekitar. Alat bantu dengar aqm hearing center membantu penggunanya lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang lain.